Website Corona Kebumen Fasilitasi Pendaftaran Vaksin untuk Warga

Website Corona Kebumen Fasilitasi Pendaftaran Vaksin untuk Warga

Website Corona Kebumen Fasilitasi Pendaftaran Vaksin untuk Warga

KEBUMEN - Untuk memudahkan layanan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kebumen membuat website resmi yang memuat tentang seluruh informasi penanganan corona di Kebumen. Warga bahkan bisa mendaftar diri untuk ikut program vaksinasi secara online.

Bagi warga yang belum melakukan vaksin, bisa dengan mudah untuk mendaftarakan secara online dengan mengakses website corona Kebumen, https://corona.kebumenkab.go.id/. Pendaftaran ini hanya dikhususkan untuk warga ber KTP Kebumen.

 

"Program ini untuk mengantisipasi kerumunan dan penumpukan saat proses vaksinasi, juga menjawab masyarakat yang bertanya-tanya tentang informasi vaksin, dengan program ini diharapkan proses vaksinasi tepat sasaran," ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat menjelaskan penggunaan website tersebut di Gedung F Kompleks Sekda Kebumen, Rabu (4/8/2021).

Bagi warga yang sudah mendaftar dengan memberikan informasi data diri baik NIK, atau KK, maka selanjutnya peserta akan mendapatkan pemberitahuan pelaksanaan jadwal vaksin, baik tempat dan waktunya. Bupati memastikan semua data yang diberikan aman, dan tak disalahgunakan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir Insya Allah datanya aman karena nanti setelah berhasil mendaftar, masyarakat akan mendapat bukti daftar dengan barcode sudah pasti tidak akan tertukar, masyarakat akan dihubungi dengan nomor yang tertera dan jadwal vaksin akan diinformasikan oleh Dinas Kesehatan," ucap Bupati.

 

Cara untuk mendaftar vaksinasi secara online cukup mudah, masyarakat bisa menggunakan handphone kemudian membuka di website corona Kebumen, lalu klik kolom Vaksinasi, dan langsung klik pendaftaran, kemudian cukup memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK/Nomor KTP) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Jika kedua nomor NIK dan KK sudah terisi, selanjutnya langsung klik centang hijau bertulisan Check. Kemudian data diri seperti alamat dan pekerjaan anda secara otomatis muncul. Selanjutnya tinggal mengisi kategori vaksinasi dan nomor telepon/WhatsApp aktif dan memilih tempat vaksinasi.

 

"Sudah ada kategori masing-masing, pastikan nomor telepon yang dimasukan adalah nomor aktif, karena usai mendaftar akan diinformasikan melalui SMS atau WhatsApp tentang jadwal vaksinasi dan lokasinya lengkap dengan jamnya, jadi datang sudah sesuai jadwal jamnya," terangnya.

Selain bisa mendaftar vaksinasi, masyarakat juga bisa mengakses berbagai hal tentang penanganan Covid-19 di Kebumen. Misalnya informasi data kasus covid, rumah sakit rujukan, ketersediaan kasur untuk pasien, ruang isolasi, ketersediaan obat, dan kebijakan penanganan Covid-19 di masyarakat. 

Bagikan