Rakor Satgas Covid-19 Jelang Paskah dan Ramadhan 1442 H

Rakor Satgas Covid-19 Jelang Paskah dan Ramadhan 1442 H

Rakor Satgas Covid-19 Jelang Paskah dan Ramadhan 1442 H

Bupati Kebumen Ha Arif Sugiyanto, SH selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 didampingi Wakil Bupati, Sekda dan jajaran Forkompinda memimpin Rapat koordinasi Penanganan Covid-19, ekuida dalam menghadapi peringatan Paskah dan Ramadhan 1442 H di Gedung F kompleks Setda Kebumen, Kamis (01/04).

 

Dalam Rakor terungkap bahwa terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif covid-19 dalam beberapa hari terakhir. Untuk itu Bupati meminta agar Satgas baik di tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 secara lebih intensif dan terpadu.

 

Terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dikarenakan angka sebaran Covid-19 cukup tinggi maka pelaksanaannya masih dilakukan secara daring. Pemerintah Kabupaten Kebumen belum mengijinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Persebaran Covid masih cukup melebar, maka kami Pemrintah Kabupaten Kebumen belum mengijinkan untuk sekolah tatap muka baik itu SD, SMP maupun SMA. Insya Allah akan kita kaji terus selama periode Ramadhan nanti dan diharapkan Syawal kita sudah bisa melaksanakan sekolah tatap muka," tandas Arif.

 

 

Sementara terkait perayaan Paskah, telah dilakukan apel gelar pasukan untuk mengamankan pelaksanaan ibadah tersebut. Kegiatan ibadah di Gereja diijinkan dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat. Namun jika ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, pelaksanaan ibadah untuk dilakukan di rumah secara daring.

 

Lebih jauh dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H, pasokan kebutuhan pokok terpantau relatif stabil dan tercukupi. Pada amaliah Ramadhan 1442 H, Pemkab Kebumen tidak menyelenggarakan tarawih keliling, namun Bupati akan melakukan pengecekan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan pada kegiatan sholat tarawih ini di beberapa tempat. Pemkab Kebumen juga akan menyelenggarakan Posko check-point jelang Idul Fitri, di titik-titik strategis untuk memantau pendatang dengan tujuan akhir Kebumen, dengan pemeriksaan rapid antigen secara sampling. (Tim)

Bagikan