Operasi Giat Terpadu Tim Pendisiplinan Pencegahan Penularan Corona Virus Dease (Covid-19)

Operasi Giat Terpadu Tim Pendisiplinan Pencegahan Penularan Corona Virus Dease (Covid-19)

Operasi Giat Terpadu Tim Pendisiplinan Pencegahan Penularan Corona Virus Dease (Covid-19)

Tim Pendisiplinan Pencegahan Penularan Corona Virus Dease (Covid-19) melaksanakan operasi giat terpadu penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sesuai Perbup no. 68 tahun 2020 yang dilaksanakan pada Selasa (03/11). Sejumlah tempat menjadi sasaran dilaksanakannya operasi ini yakni beberapa tempat usaha di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Kebumen

 

Operasi berlangsung mulai pukul 08.00 sd selesai dengan melibatkan personel dari Satpol PP, Polres Kebumen, Kodim 0709, Dishub, Dinkes BPBD dan Tim pendisiplinan tingkat kecamatan. Hasil dari operasi tersebut 74 orang terjaring tidak memakai masker/menggunakan masker secara tidak benar dan 5 (lima) tempat usaha tidak menerapkan jaga jarak/social distancing. Di wilayah Kecamatan Kebumen, petugas menyasar Momong Resto, Gudang Distributor PT Kapal Api, Perusahaan Plastik JAGO, RM Prasmanan Bu ISTI dan Minimarket Indomaret. Dari hasil pengecekan rata- rata dunia usaha sudah mengetahui dan menerapkan protokol kesehatan, dengan menyediakan tempat cuci tangan/ hand sanitizer, mewajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. Walaupun pada prakteknya mereka masih ada yang perlu disesuaikan. Hal yang menjadi catatan Tim mendapati ada tempat usaha yang menyediakan tempat cuci tangan hanya ada 1 buah dari galon aqua, tidak ada pemeriksaan suhu bagi orang yang masuk/ tamu, dan banyak kendaraan dari luar kota masuk lokasi, dan agenda penyemprotan desinfektan hanya seminggu. Terhadap hal ini tim memberikan pembinaan dan teguran. Terdapat juga penataan tempat duduk yang masih berhimpit dan kurangnya spanduk protokol kesehatan.

 

Di wilayah Kecamatan Puring, Tim melakukan pemeriksaan di Pasar Kaleng, Alfamart Kaleng, Pertokoan dekat Pasar Kaleng dan Jalan depan pasar kaleng. Di tempat tersebut petugas mendapati 44 orang tidak memakai masker/menggunakan masker secara tidak benar. Duapuluh empat orang diberi sanksi membaca Pancasila, tujuh orang menyanyikan lagu wajib dan 13 orang mendapat sanksi teguran lisan.

 

Di wilayah Kecamatan Kebumen dan Sruweng, petugas melakukan operasi di Stadion Candradimuka, Simpang Lima, Soka Baru dan perempatan Muktisari. Petugas mendapati 6 (enam) orang tidak memakai masker/menggunakan masker secara tidak benar. Dua orang mendapat sanksi lisan dan empat orang mendapat sanksi mengucapkan Pancasila.Wilayah kecamatan Gombong, Karanganyar, Sempor

 

Di Wilayah Kecamatan Padureso, Tim melakukan operasi di Pasar Pon. Hasilnya 21 orang terjaring tidak memakai masker/menggunakan masker secara tidak benar. Sembilan orang mendapat sanksi membaca teguran lisan dan 12 orang mendapat sanksi kerja sosial. Di wilayah Kecamatan Klirong, Tim melakukan pemeriksaan di Pasar Klegen Wonosari dan Pasar Dorowati. Petugas mendapati 8 (delapan) pelanggar tidak mengenakan masker dan dan memberi teguran lisan. 

Secara keseluruhankegiatan dilaksanakan dengan aman, tertib dan lancar.

Bagikan