RILIS BERITA GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN KEBUMEN TANGGAL 01-08-2020

RILIS BERITA GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN KEBUMEN TANGGAL 01-08-2020

PERKEMBANGAN KASUS COVID-19

 

Orang Dengan Pemantauan (ODP)
Hingga hari ini ODP tercatat 3.345 orang, 3.290 orang diantaranya telah selesai pemantauan. Sedangkan 55 orang masih dalam pemantauan.

 

Pasien Dengan Pengawasan (PDP)
PDP tercatat 297 orang. 25 meninggal dunia tanpa hasil lab.  Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak  5 orang. 53  orang telah selesai pengawasan. Sementara itu PDP dengan hasil lab negatif sebanyak 214 orang. 
Hari ini pasien dengan hasil lab negatif bertambah 1 orang, a.n:
(1) IMF, 20, L, Negatif
(Rujukan lab dari RSUD Prembun)

 

Pasien positif covid-19

Hingga saat ini pasien positif covid-19 tercatat 101 orang positif, 2 meninggal dunia, 34 orang dalam perawatan dan 65 sembuh.

 

JUMLAH PENDATANG
Jumlah Pendatang hingga saat ini di kabupaten Kebumen tercatat 76.835 orang.

 

HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN MASYARAKAT
Memperhatikan perkembangan kasus positif covid-19 di Kabupaten Kebumen, Gugus Tugas telah melakukan pengkajian kasus dan analisa data. Dari hasil kajian tersebut  menunjukkan bahwa kasus positif covid-19 di Kabupaten Kebumen masih berpotensi naik.
Namun, di sisi lain kehidupan beragama, pendidikan, sosial- ekonomi harus berjalan. Sehingga diperlukan upaya memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan dicirikan pemberlakuan protokol pencegahan penularan covid-19 secara ketat. 

Sesuai Peraturan Bupati Kebumen No. 29 tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan covid-19 di Kabupaten Kebumen, perintahkan kepada masyarakat untuk: 
(1) Menjaga jarak aman (1-2 meter), ketika berkomunikasi dengan orang lain 
(2) Jika  keluar rumah, harus mengenakan masker
(3) Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
(4) Bagi para pendatang untuk lapor RT/RW setempat.

Sesuai surat Bupati nomor 451/1879 tanggal 29 Juni 2020 perihal penyelenggaraan kegiatan keagamaan dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman covid 19 di masa pandemi, mengatur penyelenggaraan ibadah inti dan sosial.  Bahwa setelah Penyelenggara  kegiatan ibadah,  mendapat surat keterangan aman covid-19 dari Ketua Gugus Tugas Kecamatan maka pengurus maupun penanggung jawab tempat ibadah serta masyarakat berkewajiban untuk menerapkan protokol pencegahan covid-19 di tempat ibadah.

Sesuai Surat Edaran Bupati Kebumen nomor 426/1900 tanggal 2 Juli 2020 tentang upaya peningkatan gerakan olahraga  masyarakat dalam rangka pencegahan gelombang kedua pandemi covid-19 Kabupaten Kebumen, diperintahkan agar masyarakat untuk melakukan gerakan olahraga seperti seperti jalan sehat  senam bersepeda dan olahraga lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

 

BERBAGAI UPAYA
Hingga saat ini upaya-upaya yang akan, sedang dan telah dilaksanakan Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 kabupaten kebumen meliputi::

(1) Melanjutkan penerapan kebijakan dan tata laksana penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

(2) Berbagai pendekatan sosialisasi ke masyarakat termasuk melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI dan Polri.
 
(3)  Menyusun berbagai kebijakan anggaran untuk mengantisipasi dan menangani covid-19, baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi maupun Kabupaten. 

(4) Kegiatan RS Darurat Kebumen hari ini, menunggu hasil lab.

(5) Penerimaan dan penyaluran bantuan logistik dan sembako oleh tim gugus tugas dan organisasi kemasyarakatan. 

(6) Tim pendisiplinan protokol pencegahan penularan covid-19 telah terbentuk dan mulai melaksanakan tugas. Tim ini di tingkat kabupaten terdiri dari tiga kelompok yaitu untuk wilayah timur tengah dan wilayah barat. Tim  pendisiplinan terdiri dari unsur TNI, Polri Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan BPBD.
Tim pendisiplinan memiliki tugas (a) koordinasi dan supervisi tim pendisiplinan tingkat kecamatan (b) sosialisasi dan upaya pendisiplinan pada masyarakat (c) evaluasi kondisi untuk disarankan pada stakeholder terkait dalam hal pokok seperti: kepatuhan penggunaan masker, mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak (d) peninjauan lapangan dan tempat strategis (e) pembagian APD.

 

REKENING PEDULI COVID-19 KABUPATEN KEBUMEN

Untuk mengadministrasikan kepedulian masyarakat, organisasi dan dunia usaha terhadap penanganan covid-19 di Kabupaten Kebumen, Gugus Tugas membuka rekening peduli Covid-19 Kabupaten Kebumen. Salurkan kepedulian anda melalui gugus tugas covid 19 Kabupaten Kebumen melalui rekening :
Bank Jateng No. 3-008-25039-1
a/n Penanganan Covid-19 Kebumen

Hingga laporan ini dibuat, jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp. 147.807.515

Selain menerima sumbangan uang, Gugus Tugas juga menerima bantuan barang. 

Perkembangan  berita dapat dilihat dan diikuti perkembanganya melalui website:
corona.kebumenkab.go.id

 

Demikian, rilis berita dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kebumen hari ini. 

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

 

BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT
GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN KEBUMEN

 

Koordinator:
Cokro Aminoto

Anggota:
dr Hasan Bayuni
Eko Purwanto
Iptu Tugiman
Kusbiyantoro, SKM, M.Kes

Bagikan