236 ODP Selesai Pemantauan dan 10 Orang Dinyatakan Negatif

236 ODP Selesai Pemantauan dan 10 Orang Dinyatakan Negatif

236 ODP Selesai Pemantauan dan 10 Orang Dinyatakan Negatif

KEBUMEN - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen terus melakukan langkah untuk memutus mata rantai penyebarluasan virus. Langkah percepatan penanganan yang diambil termasuk dengan terus melanjutkan gerakan penyemprotan disinfektan mandiri hingga tingkat desa.

Tidak hanya itu, berbagai pendekatan sosialisasi juga terus dilakukan pada masyarakat. Langkah terbaru yang kini dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan skrining kesehatan bagi pemudik atau pelintas di titik perbatasan kabupaten kebumen (check-point) di enam perbatasan.  

Sementara itu hingga hari Ahad 5 April 2020, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen merilis informasi bahwa telah selesai melakukan pemantauan 236 ODP dari total jumlah 1765 ODP. Kemudian, dari total 49 (empat puluh sembilan) orang PDP, 12 (dua belas) orang telah selesai pengawasan dan 10 (sepuluh) diantaranya dinyatakan negatif. Sedangkan pasien positif COVID-19 tercatat sebanyak 2 (dua)  orang, satu diantaranya dalam perawatan dan 1 meninggal dunia. 

Himbauan Bagi Masyarakat

Gugus tugas juga terus menghimbau agar masyarakat bisa bersama-sama membantu pemkab dalam upaya memutus rantai penyebarluasan COVID-19, yakni dengan, menunda mudik, sering lah cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, tetap tinggal di rumah dan tetap menjaga jarak aman. Termasuk tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dengan orang banyak. Jika terpasa harus keluar rumah disarnkan untuk mengenakan masker. Dan hal yang tidak kalah pentingnya yaitu,  tetap bahagia dan senantiasa berdoa kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Untuk masyarakat  disarankan juga untuk mematikan AC dan membuka pintu dan jendela. Khusus bagi pemudik, diminta untuk melapor ke RT/RW serta melakukan karantina diri, karena berisiko membawa COVID-19, meskipun tidak sakit. (dp) 

 

Bagikan